Skip to main content

Menurut Feng Shui, Inilah Denah Rumah yang Harus Dihindari

Feng Shui merupakan ilmu topografi yang berasal dari Tiongkok. Ilmu ini banyak memberikan pengaruh pada kehidupan. Salah satunya ialah penggunaan Feng Shui ketika membangun dan mendesign rumah. Bila berorientasi pada Feng Shui, dipercaya rumah akan ditata sesuai dengan alam. Oleh karena itu, rumah dapat menjadi sehat, nyaman, dan memberikan energi positif. Pembuatan denah rumah sesuai Feng Shui bukan semata-mata karena keindahan saja. Menurut kepercayaan, denah suatu rumah memiliki auranya masing-masing. Bila penataannya tidak benar, rumah tersebut dapat membawa energi negatif. Sebaliknya, bila ditata dengan benar, rumah akan membawa keberuntungan. Lalu, denah rumah seperti apa yang harus dihindari menurut Feng Shui?


1. Pintu Depan dan Pintu Belakang Terletak di Satu Garis Lurus
Menurut Feng Shui, pintu merupakan sumber masuknya energi (chi). Bila pintu masuk dan keluar sejajar, energi yang masuk akan cepat keluar. Alhasil, rumah tidak dapat menyerap energi tersebut. Padahal, agar menghasilkan aura positif. rumah harus menyerap energi terlebih dahulu. Untuk menghindarinya, salah satu pintu harus digeser agar kedua pintu tidak berhadapan langsung.

2. Tangga langsung menghadap pintu depan
Pintu berperan besar dalam menyerapan energi (chi). Di dalam Feng Shui, pintu utama dikenal dengan sebutan “The Mouth of Chi.”  Namun, bila ada tangga yang menghadap pintu, ruangan utama tidak akan mendapatkan energi. Energi tersebut akan langsung ke lantai yang lebih rendah ataupun tinggi. Padahal, penyerapan energi di dalam rumah haruslah seimbang.

3. Kamar mandi menghadap pintu depan
Seperti tangga, kamar mandi yang menghadap pintu depan juga menghalangi penyebaran energi. Energi yang masuk akan langsung tersedot ke kamar mandi. Sementara itu, ruangan lainnya tidak akan mendapatkan energi Feng Shui.

4. Tangga di tengah rumah
Posisi tangga yang berada di tengah rumah juga harus dihindari. Meskipun design, warna, serta bahannya bagus, tangga tersebut membuat energi rumah tidak seimbang. Pemilik rumah harus menyeimbangkan energi tersebut dengan hal lainnya.

5. Kamar mandi di tengah
Kamar mandi yang diletakkan di tengah juga dianggap buruk menurut Feng Shui. Hal ini dikarenakan bagian tengah ialah pusat dari rumah itu sendiri. Di dalam Feng Shui, pusat rumah diibarakan seperti jantung atau titik yin-yang. Penghuni rumah tentu biasanya ingin pusat rumahnya lebih terbuka dan dipenuhi keindahan. Para konsultan Feng Shui juga berpendapat bahwa pusat rumah menjadi tempat untuk memperoleh energi paling banyak.

6. Kamar tidur utama terletak di atas garasi
Berdasarkan Feng Shui, letak kamar mandi yang berada di dekat garasi tidaklah baik. Ini dikarenakan garasi merupakan tempat penyimpanan barang yang sering masuk dan keluar. Contoh konkretnya ialah mobil dan motor. Jadi, energi di garasi tentu tidak stabil dibandingkan energi di kamar tidur. Alhasil, kamar tidur yang berada dekat garasi energinya juga menjadi tidak stabil. Penghuni kamar dapat terganggu dan memiliki kualitas tidur yang buruk.

7. Lorong sempit
Terdapat rumah yang memiliki lorong sempit dan panjang. Dalam Feng Shui, hal ini dianggap buruk, apalagi bila lorong tidak dirawat dengan benar. Lorong sempit dan panjang membuat energi terburu-buru dan energi stagnan menyatu. Padahal, kedua energi ini memiliki perannya masing-masing.

8. Jalan Masuk Rumah Sempit
Jalan masuk ke rumah adalah salah satu elemen terpenting pada Feng Shui. Bila jalan masuknya sempit, energi tidak dapat masuk dengan maksimal. Agar energi yang masuk banyak, pintu harus terlihat lega. Sebagai tips, pemilik rumah dapat menambahkan kaca. Penggunaan kaca akan membuat jalan masuk terlihat lebih luas. Selain itu, hindari menata barang-barang yang membuat jalan masuk rumah menjadi sempit.

Itulah beberapa denah ruangan yang harus di hindari menurut Feng Shui

Comments

Popular posts from this blog

Wajib Tahu! Manfaat ASI Kolostrum untuk Kesehatan Bayi

Ramadhan sale dengan potongan harga terbaik  membuat Anda mesti pandai dalam menentukan produk yang diinginkan. Jangan sampai terlalu kalap dan akhirnya produk yang sebenarnya dibutuhkan malah tidak terbeli. Khusus untuk bayi tentunya pemenuhan ASI adalah hal yang utama. Seperti ASI kolostrum yang ternyata memiliki manfaat kesehatan bayi seperti ini.


1. Meningkatkan Perlindungan Kekebalan Bayi
Bagi yang belum tahu, ASI kolostrum adalah ASI yang dihasilkan di masa akhir dari ibu yang hamil. Biasanya ASI kolostrum terakhir dihasilkan di hari ketiga atau hari keempat setelah ibu melahirkan. Manfaatkan ASI kolostrum untuk kesehatan bayi seperti salah satunya meningkatkan perlindungan kekebalan bayi.

Hal tersebut tidak lepas dari kandungan semacam imunitas tinggi yang dikandungnya. Bayi yang terhitung baru lahir tentu memiliki daya tahan tubuh terhitung lemah. Kondisi inilah yang kemudian membuat bayi sangat rentan terkena penyakit berbahaya. Dengan mengonsumsi ASI khusus ini maka akan meng…

Tips Memilih Sofa yang Sesuai dengan Ruangan Rumah Anda

Sofa adalah salah satu furnitur yang sangat berperan penting guna melengkapi ruang tamu Anda. Tidak lengkap rasanya jika tidak ada sofa di ruang tamu ataupun ruang keluarga. Selain berfungsi untuk duduk menyambut tamu, sofa juga berfungsi sebagai tempat beristirahat maupun bersantai saat berkumpul dengan keluarga. Namun, seiring waktu pemakaian sofa, sofa di rumah Anda akan mengalami beberapa kerusakan. Jika Anda tidak ingin melakukan service sofa, maka Anda perlu membeli sofa yang baru dengan tips memilih sofa yang tepat dibawah ini.

Tips Memilih Sofa
1. Hitung Ukuran Sofa
Jika ruang tamu Anda berukuran besar, Anda bisa memilih untuk menggunakan ukuran sofa yang besar juga. Namun, Anda perlu menentukan seberapa besar dan seberapa banyak ruang yang akan digunakan untuk diisi dengan sofa Anda. Selain itu, sesuaikan juga ukuran sofa jika Anda ingin meletakkan meja di sekitar sofa. Jika Anda ingin menjadikan sofa sebagai titik fokus di ruang tamu, gunakanlah sofa yang lebih bulat dan meng…